Baca Tips Ini Sebelum Membeli Wallpaper Dinding Medan

Terkadang, setelah membeli wallpaper dinding Medan, ada saja permasalahan yang muncul. Apakah itu jumlah roll yang dibeli kurang, atau motif dan warna kurang sreg dan serasi dengan elemen interior lainnya, tidak sesuai tema, dan permasalahan kecil lainnya. Untuk itu, yuk simak artikel mengenai cara berbelanja wallpaper dinding agar tidak merugi atau menyesal di kemudian hari.

Tentukan tema ruang
Tema khusus untuk suatu interior akan memberi kesan tertentu pada keseluruhan ruang. Banyak tema yang dapat Anda pilih untuk hunian Anda; natural, etnik, klasik, modern, minimalis dan sebagainya. Tema ruang ini tentunya akan berpengaruh terhadap motif dan warna wallpaper dinding yang akan dibeli.

Ketika Anda mendatangi suatu toko, Anda akan disodori dengan berbagai koleksi katalog wallpaper dinding dengan beragam motif, warna dan tekstur. Jika tema ruang sudah Anda tetapkan sebelumnya, tentunya hal ini akan memudahkan Anda untuk fokus mencari motif dan warna walpaper dinding.

Hal ini juga membantu petugas toko memilihkan wallpaper yang tepat untuk Anda. Untuk itu, pikirkan dengan matang tema ruang yang akan dipasang wallpaper agar Anda dan juga petugas toko wallpaper dinding tidak kebingungan mencarikan motif dan warna yang sesuai keinginan. Baca juga Tips ‘n Trick Memilih Wallpaper.

Diletakkan di mana?
Fungsi suatu ruang menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih wallpaper dinding. Memasang wallpaper untuk dinding di kamar tidur akan berbeda dengan wallpaper untuk dinding di ruang tamu. Bahkan kamar tidur utama akan berbeda dengan kamar anak-anak baik balita dan remaja. Untuk ruangan yang difungsikan untuk istirahat, sebaiknya memilih motif yang tidak terlalu ramai dengan warna-warna yang kalem dan lembut. Untuk ruang bermain atau ruang tamu, kita dapat bereksperimen dengan motif yang abstrak, kontemporer, klasik atau motif yang eye catching lainnya. Jadi, sebaiknya ketika akan berbelanja wallpaper dinding, Anda telah menentukan ruang-ruang apa saja yang akan dipasang wallpaper berikut bidang dindingnya, apakah akan dipasang di keseluruhan ruang atau pada bidang dinding tertentu saja misalnya di belakang sandaran tempat tidur.

Hitung jumlah
Seringkali kita kekurangan sedikit lembaran wallpaper dinding saat memasangnya sehingga harus bolak-balik ke toko untuk membeli kekurangannya; atau memesan yang membutuhkan waktu 3-5 hari. Sebelum hal ini terjadi, hitung jumlah wallpaper dinding dengan tepat. Mudah, kok menghitungnya. Ukur luas bidang dinding (panjang X lebar) yang hendak dipasangi wallpaper. Satu roll wallpaper dinding ukuran kecil cukup untuk 5m² bidang dinding sedangkan satu roll wallpaper dinding ukuran besar cukup untuk 15m² bidang dinding. Jadi, Anda tinggal membagi saja. namun, perhatikan tinggi ruangan. Jika ruangan lebih tinggi dari 3,2 meter, maka 1 roll ukuran kecil hanya cukup untuk 1 meter lari bidang dinding. Untuk memudahkan perhitungan, dapat gunakan wallpaper calculator.

Selain ukuran bidang dinding dan tinggi ruangan, motif pun mempengaruhi. Wallpaper dengan motif besar akan memakan ukuran lebih sebesar +-10% dari bahan wallpaper untuk menyesuaikan motifnya. Beda halnya dengan wallpaper yang polos, wallpaper dinding tersebut bebas dipasang bahkan sisa-sisa lembaran pun dapat dipasang pada area kecil seperti di atas pintu atau pada celah-celah jendela.

Tips jitu, sebaiknya beli satu roll ekstra untuk jaga-jaga jika suatu saat wallpaper dinding yang terpasang mengalami robek/ kotor atau salah ketika proses pemasangan. Karena jika Anda akan mencari produk wallpaper yang sama di kemudian hari, kemungkinan stoknya kosong atau lot produksi terbaru berbeda dengan lot yang Anda miliki. Hal itu dapat terihat beda jika lembaran wallpaper dinding tersebut dipasang berdmpetan. Apalagi jika produk yang ama sudah tidak diproduksi lagi (discontinue) maka Anda harus mengelupas dan mengganti keseluruhan wallpaper pada bidang dinding tersebut.

 

Hal yang tak kalah pentingnya ketika ingin berbelanja wallpaper dinding adalah menyesuaikan anggaran. Jika budget yang Anda miliki tak terbatas, tentu saja akan lebih leluasa dalam memilih jenis dan merek wallpaper dinding apapun juga. Namun bagaimana jika budget yang dimiliki terbatas? Anda dapat memilah bidang dinding mana saja yang akan dipasang wallpaper dinding. Selain itu, pilih ukuran roll wallpaper yang lebih efisien dengan bidang dinding yang akan dipasang.

Hitungan kasarnya, 1 roll wallpaper dinding ukuran besar sama dengan 3 roll wallpaper dinding ukuran kecil. Dengan demikian, jika perhitungannya dibutuhkan 4 roll kecil sebaiknya pilih produk wallpaper roll kecil, karena akan menyisakan banyak kertas jika Anda memilih wallpaper dinding dengan roll besar.

Dengan mempertimbangkan ukuran roll wallpaper, dapat membuat berbelanja wallpaper dinding lebih efisien. Selain itu, Anda dapat memadupadankan wallpaper dinding yang berkualitas mahal dengan corak eksklusif dengan wallpaper polos yang promo/ obral. Biasanya toko wallpaper menawarkan wallpaper dengan harga miring jika barang tersebut tersisa beberapa item saja dan sudah tidak diproduksi lagi (discontinue).

Pastikan kualitas
Kualitas wallpaper dinding mempengaruhi hasil akhir dari desain interior rumah Anda. Tentu saja wallpaper yang tidak cepat pudar warnanya serta melekat kuat pada bidang dinding untuk kurun waktu yang lama dapat dikatakan baik. Jika ingin berbelanja wallpaper dinding, sebaiknya cari referensi terlebih dahulu mengenai seluk beluk wallpaper dinding, ragam motif dan jenis bahannya. Jika kurang puas dengan informasi yang ada di website, Anda bisa bertanya langsung kepada petugas toko mengenai kualitas wallpaper dinding.

Umumnya petugas akan menyarankan beberapa produk wallpaper dinding berkualitas baik dan desain terbaru. Dapat juga Anda melihat ikon yang tertera pada tiap buku katalog wallpaper dinding atau pada label yang tertera di gulungan wallpaper yang dijual. Ikon tersebut menunjukkan kualitas dari wallpaper seperti tahan gosok, tahan sorotan matahari langsung, dapat dibersihkan dengan lap, dan sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *